Torafahrudin’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Berburu ‘Topik’

Orang pernah bilang, terkadang pergi ke suatu tempat bisa membawa suasana baru. Pergi ke suatu tempat bisa membawa ide baru. Ternyata hal itu benar. Ide baru , suasana baru bisa kita dapatkan manakala kita mau berusaha untuk mencarinya. Bagaimana caranya ?? ya salah satunya dengan brainstorming atau melihat lihat ke tempat yang dirasakan bisa sebagai tempat inspirasi.

Dengan latar belakang itulah kita berlima pergi ke ITB untuk menengok sedikit kumpulan thesis yang ada disana. Lumayan lengkap dan bagus. Walaupun cukup melelahkan mengingat kita terbiasa dengan kampus kecil di pinggir desa wekekeke. Topik topic thesis walau sudah lama, tapi cukup member inspirasi baru akan trend di masa sekarang. Minimal dengan melihat contoh thesis ‘Manajemen Telekomunikasi’ di sana bisa memberikan gambaran cara pengerjaan dan analisanya nanti. Ada teknologi yang di ungkap dan bagaimana kelayakan bisnisnya dengan pemodelan tekno ekonomi. So bagi yang bingung dengan topik TA atau thesis, jangan sungkan sungkan untuk studi banding ke lain paguyuban (* universitas / institut maksudnya).

Habis bertapa di tanah perantauan langsung berguru ke PDC mencari pak budi yogas bareng rekan rekan … wuah jadi tambah terinspirasi lagi. Ada banyak isu telekomunikasi yang sedang trend. Pemodelan bisnis untuk era konvergensi dari media, telekomunikasi dan Teknologi informasi. Media cetak mungkin akan berubah struktur bisnisnya .. kalau dahulu mengandalkan oplah dari ekslempar yang terjual, iklan yang masuk, dsb sekarang dengan adanya konvergensi akan berintegrasi dengan media non cetak, otomatis struktur bisnis jadi berubah. Apa yang sekarang mau di jual. Isu selanjutnya adalah market pasar yang kecenderungannya sudah tidak lagi terpikat oleh harga tetapi oleh kualitas layanan, hal ini bisa dilihat dari iklan iklan di TV yang secara implisit membandingkan kualitas. Outsourcing pengelolaan SMS server pada pihak ke 3 di rasa lebih memberikan margin keuntungan yang lebih baik. Di samping itu bisa meringankan beban operasional dan maintenancenya. Tinggal di pikirkan konsep jaringan dan aplikasinya nanti seperti apa? Berapa margin keuntungan yang bisa di tambahkan di bandingkan jika di kelola sendiri, dsb.

Intinya adalah sebenarnya permasalahan banyak, jika kita mentok pada sebuah topik, kita bisa studi banding dan brain storming pada pihak laen yang sudah cukup berpengalaman di bidang telekomunikasi. Semoga bisa memberikan pencerahan bagi rekan rekan semua .. maju Magister Telekomunikasi IT Telkom … Horas horas horas …

Maret 12, 2009 - Posted by | Tak Berkategori

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: