Torafahrudin’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Riset Juli-Agustus 2008

Mumpung ada yang sedang TA .. dikit” bantuin .. semoga bisa membantu dikit”. Ada 3 Bidang yang sedang saya coba tekuni, yaitu data mining, data warehouse dan database. Dari ketiga bidang itu, bidang data warehouse dan data mining adalah yang paling menarik bagi saya. Hal ini mungkin di karenakan saya sekarang cenderung concern pada menganalisis data dan mengembangkan metoda” baru untuk menggali informasi pada level pembuat kebijakan.

Intinya pada level manajerial .. saya sudah tidak berpikir teknis lagi, saya tidak berpikir bagaimana server saya bekerja, bagaimana database saya bekerja, yang lebih menarik bagi manajer adalah analisa dari data yang sudah ada. Apa yang bisa kita gali dari situ, bagaimana data yang saya miliki bisa membantu saya membuat kebijakan, membantu saya menyadari permasalahan yang saya hadapi saat ini, membantu saya mempertahankan customer saya, dsb.

Dari pengalaman saya bekerja maupun wawancara (heheh tapi gagal karena belum tahu ilmunya), ada beberapa celah / sumber data perusahaan yang kemungkinan bisa kita gali informasi dari data tersebut. Adapun sumber” data setahu saya :

1. Data Statistik / penjualan dari Web kita (sy yakin setiap perusahaan punya dan dia pasti pasang promosi produk, penjelasan produk dan bahkan proses transaksi terhadap sebuah produk bisa via web). Data statistik ini akan menggambarkan sejauh mana produk kita di kenal oleh masyarakat via web, kapan saja situs kita di akses, mengapa mereka mengakses web kita jam segitu. Di mana saja web kita di akses sama mereka. Site meter .. ya itu adalah salah satu tool untuk mengcapture statistik kunjungan ke web kita. Untuk rekan rekan yang membutuhkan bisa di akses di http://www.sitemeter.com

2. Data transaksi di luar web, yang mungkin di capture berbeda” caranya antara 1 perusahaan dengan perusahaan lainnya. Contohnya adalah jika perusahaan kita adalah perusahaan retail, maka capture transaksi di lakukan via mesin kasir di supermarket tersebut, jika perusahaan kita adalah telco, transaksi di capture dari Network Elemen yang tersebar di seluruh wilayah indonesia. Jika perusahaan kita adalah perbankan, transaksi di capture via input manual di bank by teller ato dari mesin” ATM dan Debet dari toko mitra bank tersebut.

3. Data Customer / Data demografis. Data ini biasanya di isikan ketika kita membuka sebuah layanan kepada perusahaan tertentu seperti pas kita daftar PSTN / telpon rumah,  ketika kita buka rekening, dsb. Data ini adalah data cruitial .. sama seperti data di atas, tetapi data demografis ini bakalan lebih bahaya jika jatuh ke tangan kompetitor. Oleh karena itu adik” ku jika kalian magang dan berinteraksi dengan data customernya sebuah perusahaan .. hati” amanahnya besar😀

4. Data Pelengkap, bisa jadi data laporan keuangan dari perusahaan lain yang di share di internet … seperti laporan keuangan bank” biasanya di publish di web mereka. Bisa juga data pelengkap tersebut kita ambil dari survey terhadap customer kita  / customer kompetitor. Biasanya untuk melihat brand produk kita di mata konsumen independen bila di bandingkan dengan produk kompetitor.

Mungkin ada data” lain .. yang saya kurang familiar ato saya lupa sebutkan yang bisa jadi bahan kita untuk melakukan analisis data guna membuat kebijakan yang lebih baik. Mungkin sampai itu dulu tar di lanjut lagi ngobrolnya .. mungkin nanti akan di bahas beberapa kemungkinan metoda yang bisa kita gunakan untuk analisis data.

Thanks,

Tora Fahrudin

Agustus 20, 2008 - Posted by | Data Mining, Data Warehouse |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

